Saterdag, 22 Maart 2014

E-CHANNEL




118th  BRI




                       

THE WORLD OF BRI

           
Nama    : Khoirull Munazzal
  Kelas  : XI T.Furniture


SMK NEGERI 1 PURWOREJO


BAB 1 .PENDAHULUAN

1.  LATAR BELAKANG
Di INDONESIA kini teknologi semakin berkembang. Perkembangan teknologi di indonesia sangat pesat, mulai dari mobile phone yang semakin canggih applikasinya. Jaringan situs internet yang semakin meluas, adanya situs jejaring sosial.                                                                                         Dari kemajuan teknologi tersebut, kini bank diseluruh indonesia meningkatkan pelayananya untuk para nasabah seperti bank BRI ini. Bank BRI yang selalu memberikan pelayanan prima untuk para nasabahnya Bank BRI yang memberikan pelayanan E-channel seperti sms banking, internet banking, mocash, ATM BRI,dll. Bank BRI yang mempunya jenis rekening seperti simpedes, Britama,, dan yang terbaru yaitu britama junio.dengan adanya britama junio kini anak anak dapat memilika rekening pribadi. Dengan adanya fasilitas e-channel seperti keteranga diatas, orang-orang penting, orang yang sibuk bekerja, orang yang tidak punya waktu untuk pergi ke bank, kini mereka bisa melakukan transaksi tanpa harus pergi ke bank tanpa ada gangguan. Transaksi dapat dilakukan dengan mobile phone lewat jaringan internet yang applikasinya dapat didownload dengan mudah.                                                                                                                                         Maka dengan adanya kemajuan teknologi dan peningkatan pelayanan di bank diharap para masyarakat lebih giat menabung demi masa depan dan dapat menghindari perilaku pemborosan, dan masyarakat akan lebih mengenal produk dari bank BRI.
2.  RUMUSAN MASALAH

1. WAWASAN PENTINGNYA MENABUNG SEJAK SEKOLAH ?
2. Wawasan generasi muda mengenal E-CHANNEL     ?
3. wawasan generasi muda akan perkembangan tabungan di BRI  ?
4. Apasajakah produk BRI itu   ?













BAB 2 . ISI
1.WAWASAN PENTINGNYA MENABUNG SEJAK SEKOLAH
            Menabung merupakan sebuah kebiasaan yang harus ditanamkan sejak sekolah. Jika ini dilakukan, kedepanya mereka sudah terbiasa dengan pola menabung  dan menyisihkan uang untuk masa depan kelak. Kini siswa SD juga bias menabung, anak anak SD juga bias menabung di Bank  seperti bank BRI yang memberikan tabungan britama junio.                                                               Menabung  harus ditanamkan pada anak sekolah karena menabung akan membawa kita untuk tidak boros. Menabung sejak sekolah hasilnya akan terasa nyata, kelak jika kita sudah dewasa hasil tabungan itu dapat kita gunakan untuk modal dalam berwirausaha atau bekerja, dapat juga digunakan untuk melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi untuk mencapai cita-cita.Menabung sejak sekolah merupakan suatu langkah untuk mempersiapkan kejadian yang akan dating, mempersiapkan suatu hal yang takterduga dan sifatnya mendesak dikala kita tidak punya uang maka tabungan dapat digunakan.
2.Wawasan generasi muda mengenal E-CHANNEL
       E-CHANNEL merupakan standar yang harus dimolikai oleh bank di seluruh indonesia dengan adanya E-CHANNEL seperti mobile banking,internet banking,mocash,atm BRI, dll akan membantu masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan denmgan sangat mudah.                                          E-channel adalah alat komunikasi yang digunakan untuk mempermudah perbankan dalam melayani nasabah atau sebaliknya. Seperti yang saya tulis diatas macam macam E-CHANNEL saya akan menjelaskanya


SMS Banking adalah salah satu fitur teknologi yang berupa layanan bagi nasabah bank, yang mengijinkan para nasabah untuk mengakses akun bank mereka melalui fitur SMS. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh SMS Banking ini, salah satu yang paling banyak digunakan adalah layanan cek saldo rekening dan transfer dana. Mudah dan sangat sederhana, itulah kelebihan dari SMS Banking, untuk dapat menggunakan layanan ini, biasanya kita harus mengikuti persyaratan tertentu.Setelah kita mendapatkan layanan SMS Banking, setelah itu  kita diberikan cara atau instruksi untuk menggunakannya.untuk mengakses layanan ini melaui dua cara, bisa melalui mengirimkan SMS atau melalui sebuah Menu (dijelaskan oleh pihak Bank) melalui mengakses sebuah nomor tertentu pada sebuah handphone, biaya SMS Banking juga berbeda beda, ada yang sekitar RP.500/SMS dan yang lainnya, dan yang terpenting adalah anda harus sudah yakin bahwa nomor hp anda telah didaftarkan sebelumnya.

Layanan yang ditawarkan oleh SMS Banking cukup banyak, mungkin ini diantara manfaatnya:
  • Transfer Uang/Dana
  • Cek Saldo Rekening Tabungan
  • Informasi Tagihan, Transaksi
  • Pembayaran atas Pembelian
  • Ganti PIN, dan lain lain
Manfaat dari SMS Banking sungguh sangat besar bagi kita semua, anda bisa membayar tagihan listrik, telepon, asuransi dan lainnya melaui layanan SMS Banking ini. Sepertinya, layanan SMS Banking sangat cocok bagi anda yang ingin menikmati kemudahan dalam bertransaksi Bank, sebagai contohnya adalah anda kini tidak perlu ke ATM hanya untuk mengecek saldo di Bank anda, gunakan saja SMS Banking dan anda akan mendapatkan segala informasi yang anda butuhkan.                       Internet bangking (E-banking)E-banking yang juga dikenal dengan istilah internet banking ini adalah melakukan transaksi, pembayaran, dan transaksi lainnya melalui internet dengan website milik bank yang dilengkapi sistem keamanan. Penyelenggaraan internet banking merupakan penerapan atau aplikasi teknologi informasi yang terus berkembang dan dimanfaatkan untuk menjawab keinginan nasabah perbankan yang menginginkan servis cepat, aman, nyaman murah dan tersedia setiap saat dan dapat diakses dari mana saja baik itu dari HP, Komputer, laptop/ note book, PDA, dan sebagainya.Secara umum, dalam penyediaan layanan internet banking, bank memberikan informasi mengenai produk dan jasanya via portal di internet, memberikan akses kepada para nasabah untuk bertransaksi dan meng-update data pribadinya.                                           Mobile Cash BRI (mocash) adalah salah satu fasilitas electronic channel Mobile Banking BRI yang melayani pembayaran transaksi belanja (purchase) oleh customer (pelanggan) kepada merchant (penyedia barang dan atau jasa) menggunakan telepon seluler. Syarat Menjadi Pengguna Mobile Cash BRI :
  • Nasabah Tabungan BRI (BritAma atau Simpedes) yang memiliki kartu BRI dalam status aktif
  • Memiliki Handphone dengan simcard operator yang telah kerjasama dg BRI (optional)
  • Telah Registrasi SMS Banking BRI
  • Spesifikasi Handphone bisa menerima SMS
KEUNTUNGAN
  • Meminimalkan transaksi Anda dengan uang tunai.
  • Tidak perlu membawa perangkat tambahan karena sudah ada dalam handphone pribadi Anda.
  • Memfasilitasi pembayaran langsung pada transaksi Delivery Order.
  • Apapapun tipe dan jenis handphone, anda dapat menikmati layanan mobile cash kami.
ATM BRI
ATM BRI dapat digunakan oleh Nasabah BRI yang memiliki BRI Card. Jumlah ATM BRI yang dapat diakses oleh pemegang BRI Card adalah sebanyak kurang lebih 1.300 ATM BRI, 5.697 ATM Link, 7.592 ATM Bersama, 6.872 ATM PRIMA, 2.075 ATM MEPS (BANKCARD), serta 800.000 ATM berlogo Cirrus di seluruh dunia.                                                                          FITUR ATM BRI                                                                                                                 1. Fitur Penarikan Tunai
    Penarikan Tunai adalah pengambilan sejumlah uang yang dikeluarkan oleh mesin ATM atas transaksi elektronik yang dilakukan Nasabah BRI menggunakan BRI Card melalui ATM BRI. Jumlah uang yang dapat ditarik :
  • BRI Card Classic : Rp. 5 Juta
  • BRI Card Gold : Rp. 10 Juta
  • BRI Card Platinum : Rp. 25 Juta
2. Fitur Informasi Saldo                                                                                                                                  Fitur Informasi saldo terdiri atas :
  • Informasi saldo rekening BRI
  • Informasi saldo bagi nasabah bank yang tergabung dalam jaringan ATM yang telah bekerjasama dengan BRI (ATM Sharing)
  • Informasi Tagihan Kartu Kredit BRI
Informasi Saldo rekening BRI adalah suatu informasi posisi saldo terakhir yang tercatat pada satu rekening BRI. Besaran Saldo yang diinformasikan kepada nasabah melalui screen ATM adalah sebesar saldo efektif (saldo yang dapat bertransaksi).                                                                                                                
3. Fitur Transfer                                                                                                                           a. Fitur Transfer Antar Rekening BRI (Intrabank Fund Transfer)
Ketentuan besarnya Limit Transfer adalah sebagai berikut :
  • Kartu Classic/Kartu BRI : Rp.20.000.000
  • Kartu Gold  : Rp.50.000.000
  • Kartu Platinum  : Rp.75.000.000
b. Fitur Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain (Interbank Fund Transfer)                         Transaksi Transfer Antara rekening BRI dan rekening Bank Lain terdiri dari :
  • Transfer on-line antar bank di seluruh Indonesia (ATM Bersama dan ATM PRIMA)
  • Transfer on-line ke rekening BRI oleh nasabah ATM Bersama dan ATM PRIMA
4. Fitur Pembayaran (Bill Payment)
         Fitur pembayaran (Bill Payment) di ATM BRI meliputi pembayaran tagihan Telepon, tagihan Listrik (PLN), tagihan Seluler, Angsuran Kendaraan Bermotor, tagihan Kartu Kredit, pembayaran pendidikan.     
  3.wawasan generasi muda akan perkembangan tabungan di BRI
            BRI memiliki lebih dari 7.000 unit kerja yang terdiri dari Kantor Wilayah, Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas, BRI Unit dan Teras BRI. Untuk jaringan elektronik, BRI memiliki 6.600 ATM ditambah lebih dari 35.000 jaringan ATM Link, ATM Bersama dan ATM Prima serta fasilitas Phone Banking 24 jam dan SMS Banking.                                                                      Bank BRI bank  yang telah mengakar kuat di microbanking, Bank BRI berupaya memperluas pelayanannya hingga ke masyarakat perkotaan dengan ragam produk consumer banking yang terdiri dari produk premium yaitu BRI Prioritas dan Kartu Kredit BRI Platinum , maupun mass banking seperti Tabungan BRI BritAma, Tabungan BRI BritAma Junio, Kartu Kredit BRI, E-Banking BRI seperti ATM, SMS, Kiosk Mini ATM, Internet Banking, dan Kredit Konsumer BRI. Selain fokus untuk memberikan pelayanan terbaik, Bank BRI menunjukkan kepedulian terhadap Budaya Indonesia dengan berkomitmen untuk memberikan charity sebesar 0.2% transaksi dari setiap satu Kartu Kredit BRI Platinum. Salah satu programnya adalah pengembangan kain batik Kanoman Cirebon melalui perkumpulan Nurani Budaya. Informasi mengenai Bank BRI dapat di akses melalui situs www.bri.co.id
4.PRODUK BRI
Ø  SIMPANAN
Dalam penghimpuanan dana PT Bank Rakyat Indonesia membagi dalam tiga kelompok, yaitu Tabungan, Deposito dan Giro BRI. Penjelasannya sebagai berikut :
1.      Tabungan
Tabungan adalah simpanan dari pihak ketiga yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet giro dan atau alat lainya yang dapat dipersamakan dengan itu.[1][5]
Pada PT Bank Rakyat Indonesia memiliki banyak jenis tabungan yang dipersembahakan oleh pihak bank kepada nasabah, yaitu :
a)      Tabungan BritAma
Tabungan BritAma adalah Tabungan dari Bank BRI, dengan system Real Time On-Line di seluruh Indonesia Anda dapat melakukan penyetoran dan penarikan tunai di Unit Kerja Bank BRI dan dilengkapi dengan fasilitas BritAma Prime Card.

Fasilitas yang diberikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia oleh pihak bank kepada nasabah adalah berupa :
1)      Transfer Otomatis Antar Rekening.Fasilitas ini terbagi atas tiga keunggulan yaitu :
  Automatic Fund Transfer (AFT)
Account Sweep                                                                                                                                    Automatic Grab Fund (AGF)
2)      Asuransi Kecelakaan Diri (Personal Accident) : Setiap nasabah BritAma dengan saldo minimal Rp500.000, berhak atas jaminan asuransi kecelakaan diri (Personal Accident) dengan nilai pertanggungan sebesar 250 % dari saldo dan maksimal pertanggungan Rp.150.000.000,-. Selain itu asuransi BritAma juga mengcover rawat inap dan cacat tetap.
3)      Aksesibilitas BRI Card (Jaringan BRI Card )


b)     Simpedes
        Simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dengan mata uang rupiah, yang dapat dilayani di Kantor Cabang Khusus BRI / Kanca BRI / KCP BRI / BRI Unit /Teras BRI, yang jumlah penyetoran dan pengambilannya tidak diabatasi baik frekuensi maupun jumlahnya, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.   Keunggulan tabungan yang dapat dinikmati oleh nasabah pada simpedas ini adalah Jaringan yang tersebar luas di seluruh Indonesia dan terhubung secara On Line, Peluang besar untuk memenangkan hadiah, total Milyaran Rupiah, Dilengkapi dengan BRI Card (Kartu BRI) yang berfungsi sebagai Kartu ATM dan Kartu Debit dengan fitur transaksi yang lengkap, Pembukaan Rekening Tabungan Simpedes BRI yang mudah dan praktis, di seluruh unit kerja BRI dan Jumlah dan frekuensi setor dan ambil tidak dibatasi, sepanjang memenuhi ketentuan yang berlaku.

Fasilitas yangdiberikan dan  dapat dinikmati oleh nasabah pada simpedas ini adalah :
   Transfer Otomatis Antar Rekening
Adapun jenis-jenis transfer Otomatis Antar Bank sebaai berikut :
  Automatic Fund Transfer (AFT) : Fasilitas untuk mentransfer dana dari rekening Simpedes ke rekening simpanan di BRI.
  Account Sweep : Fasilitas untuk mentransfer dana dari satu rekening ke rekening lainnya di Unit Kerja sendiri ataupun di Unit Kerja lain secara otomatis yang sebelumnya di set up saldo minimal atau saldo maksimalnya.
  Automatic Grab Fund (AGF) : Fasilitas transfer otomatis untuk menarik (mendebet) dana secara otomatis oleh satu rekening dari rekening lainnya, baik di Unit Kerja sendiri maupun Unit Kerja lain.



c)   Tabungan TKI
Tabungan yang diperuntukkan bagi para TKI untuk mempermudah transaksi mereka termasuk untuk penyaluran / penampungan gaji TKI.Keunggulan yang dapat dinikmati oleh nasabah atas penghimpunan dana ini adalah Setoran awal hanya Rp 50.000 dan Periode dormant lebih lama (tenggat waktu tabungan pasif)

d)  Tabungan Haji
Fasilitas yang diberikan berupa Gratis Biaya Administrasi, Gratis Perlindungan Asuransi Jiwa dan Kecelakaan Diri, On-line dengan SISKOHAT DEPAG, Penyetoran dapat dilakukan di Bank BRI di seluruh Indonesia dan juga melalui menu transfer di e-channel BRI dan Suvenir perlengkapan ibadah Haji.
e)  Tabungan BritAma Dollar
Tabungan dalam mata uang US Dollar untuk memenuhi kebutuhan simpanan dalam mata uang valuta asing.
Keunggulan dari tabungan BritAma Dollar ini adalah Real Time Online,

f)  Tabungan Junio
BritAma Junio merupakan Produk Tabungan BRI yang secara khusus dilengkapi fasilitas dan fitur yang menarik untuk segment pasar anak sampai dengan remaja.
Keunggulan yang diberikan berupa Bebas biaya adm tabungan & biaya kartu bulanan, Kartu ATM Private Label berdesign khusus karakter atas nama anak, diikutkan pada undian berhadiah, Real time on line, fasilitas e-banking dan program-program promosi menarik.
Fasilitas yang diberikan berupa Fasilitas transfer otomatis (standing instruction) : ( 1. Automatic Fund Transfer (AFT), 2. Account Sweep, 3. Automatic Grab Fund (AGF)), dan Fasilitas Asuransi Kecelakaan Diri atas Nama Anak.
g)      TabunganKu                                                                                                                                             TabunganKu adalah tabungan untuk perorangan  dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan secara bersama oleh bank-bank di Indonesia guna menumbuhkan budaya menabung serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jumlah Giro yang dimaksud adalah total keseluruhan Giro yang dihimpun oleh bank dalam periode tertentu.[1][14]
Giro BRI memiliki dua jenis yaitu Giro BRI Rupiah dan Giro BRI Valas
2.      Deposito
Simpanan Berjangka atau Deposito (time deposit = deposito berjangka) adalah simpanan dari pihak ketiga pada bank yang penarikannya hanya dapat dilakukan dalam jangka waktu tertentu menurut perjanjian antara pihak ketiga dan bank yang bersangkutan.[2][10]Depesito di PT Bank Rakyat Indonesia terbagi atas tiga jenis deposito yaitu deposito Rupiah, Deposito Valas dan Deposit On Call.
3.      Giro BRI
Giro adalah simpanan dari pihak ketiga kepada bank yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat dengan menggunakan cek, BG, atau surat perintah penarikan lainnya atau dengan cara pemindahbukuan. Sedangkan Jumlah Giro yang dimaksud adalah total keseluruhan Giro yang dihimpun oleh bank dalam periode tertentu.[1][14]
Giro BRI memiliki dua jenis yaitu Giro BRI Rupiah dan Giro BRI Valas
B.     PINJAMAN
Dalam pembiayaan PT Bank Rakyat Indonesia membagi pinjaman dalam lima jenis pinjaman yaitu pinjaman mikro, pinjaman ritel, pinjaman menengah, pinjaman proram dan Kredit Usaha Rakyat (KUR).




                                
 



BAB 3 PENUTUP

                Menabung merupakan langkah awal seseorang  dalam memperoleh kesuksesan. Kemudahan dalam menabung telah deperkenalkan melalui bank BRI ini, Bank yang sesalu mengedepankan para nasabah dengan cara meningkatkan pelayanan sesuai dengan perkembangan teknologi dan kemajuan zaman. Produk-produk BRI yang nyata dan mudah dalam penggunaanya. Demikian karya tulis ini saya buat semoga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menabung. TERIMA KASIH.


 




Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking